AJAX

1. ASP (Active Server Pages)
ASP merupakan teknologi yang dikembangkan oleh Microsoft, diluncurkan sekitar tahun 1996. ASP adalah tekonolgi server-side scripting, yang berarti segala proses programnya dilakukan di server sebelum dikirim ke client.
Server-side scripting ini merupakan kebalikan dari client-side scripting, yang seluruh proses programnya dilakukan di client, contohnya JavaScript. Karena seluruh prosesnya berada di server, maka client akan menerima hasil dalam bentuk HTML biasa. Berbeda dengan client-side scripting, dimana client juga menerima script. Jelas server-side scripting ini lebih aman dan lebih bebas untuk dikembangkan.

(sumber: http://meoizna.tripod.com/aspinfo.html)



2. JSP (Java Server Pages)
JSP adalah bahasa scripting untuk web programming yang bersifat server side seperti halnya PHP dan ASP. JSP dapat berupa gabungan antara baris HTML dan fungsi-fungsi dari JSP itu sendiri. Berbeda dengan Servlet yang harus dikompilasi oleh USER menjadi class sebelum dijalankan, JSP tidak perlu dikompilasi oleh USER tapi SERVER yang akan melakukan tugas tersebut. Makanya pada saat user membuat pertama kali atau melakukan modifikasi halaman dan mengeksekusinya pada web browser akan memakan sedikit waktu sebelum ditampilkan.

(sumber: http://ikc.depsos.go.id/berseri/mic-jsp/index.php



3. Plain Text File
Plain Text File adalah teks yang di-encode dalam format ACSII. Plain text tidak memiliki format, informasi, dan struktur seperti ukuran dan tipe font, warna atau layout. Plain Text File biasanya digunakan antar–komputer yang tidak memiliki kesepakatan untuk saling bertukar informasi format dan layout teks.
(sumber: http://tentang-pengertian.blogspot.com/2009/02/komputer-tentang-pengertian-plain-text.html)


4. XHTML (Extensible Hipertext Markup Language)
XHTML adalah gabungan dari HTML yang didesain untuk menampilkan informasi dan XML yang didesain untuk mendeskripsikan data. XHTML adalah perluasan dari HTML, sehingga XHTML sangat mirip dengan HTML4.01 yang seharusnya untuk mengganti HTML. Alasan utama HTML kurang bagus adalah HTML terlalu flexibel, mungkin saja kode yang tidak benar akan tampil dengan benar pada suatu browser, tetapi tidak pada browser lainnya. Pada masa sekarang banyak user yang menggunakan perangkat bergerak seperti handphone dan PDA untuk mengekses website, pada kondisi ini, penulisan kode HTML yang kurang baik akan mempengaruhi halaman tersebut. XHTML dapat memberikan solusi dari masalah seperti ini karena XHTML memiliki keteraturan-bentuk (mengikuti sintaks yang tepat) sehingga dokumen XHTML dapat diproses otomatis dengan menggunakan standar pemroses XML tidak seperti HTML yang membutuhkan pemroses yang cukup sulit dan kompleks. XHTML 1.0 telah menjadi rekomendasi Word Wide Web Consortium (W3C) pada tanggal 26 januari 2000.
(sumber: http://belog.praba.web.id/web/xhtml-gabungan-html-dan-xml.html)


5. JSON (JavaScript Object Notation)
JSON merupakan format untuk pertukaran data seperti halnya XML. JSON sangat mudah dimengerti oleh manusia, karena formatnya yang sederhana. Bahkan tidak hanya manusia, oleh mesin pun JSON sangat mudah untuk dibaca. Internet Media type untuk JSON adalah application/json, sedangkan nama ekstensinya adalah .json. Dibandingkan dengan XML, parsing JSON membutuhkan waktu lebih cepat. Dengan berkembangnya teknologi AJAX, seakan-akan juga mendorong berkembangnya JSON. Hal ini terbukti dari begitu banyaknya format data JSON digunakan terutama pada teknologi AJAX ini.
(sumber: http://secangkirkopipanas.wordpress.com/2008/07/21/apa-itu-json/#more-99)


6. XSLT (eXtensible StyleSheet Language Transformation)
XSLT adalah sebuah bahasa berbasis-XML untuk transformasi dokumen XML. Walaupun proses merujuk pada transformasi, dokumen asli tidak berubah melainkan dokumen XML baru dibuat dengan basis isi dokumen yang sudah ada. XSLT biasanya digunakan untuk merubah skema XML ke halaman web atau dokumen PDF.
(sumber: http://rankga.wordpress.com/2008/05/08/apa-itu-ajax/)


7. iFrame (Inline Frame)
iFrame merupakan tag untuk menempelkan halaman lain didalam halaman web.
(sumber: http://www.spyrozone.net/hacking/2009/03/mendeteksi-frameset-iframe.jsp)


8. SVG (Scalable Vector Graphics)
SVG merupakan format file baru untuk menampilkan grafik dalam pengembangan web yang berbasis XML (eXtensible Markup Language). SVG berfungsi untuk menampilkan grafik 2 dimensional dalam kode XML. Pada dasarnya, SVG dapat digunakan untuk membuat tiga jenis objek grafik.
SVG dapat mengkreasikan sebuah grafik yang terdiri dari banyak vektor yang berbeda-beda. SVG menghasilkan grafik yang tidak akan berkurang kualitasnya sebagai akibat proses zoomming maupun resizing.
(sumber: http://ikc.dinus.ac.id/umum/athar-svg.php)
(sumber: http://ilmu-komputer.net/pengantar-svg/)



9. XMLHTTPRequest
XMLHTTPRequest adalah sebuah object javascript yang digunakan untuk mengakses web server secara asingkron, jadi user dapat terus melakukan aktifitasnya di sebuah halaman web tanpa me-refresh halaman tersebut, karena proses requestnya dilakukan di background. Mengakses web server artinya adalah melakukan sebuah request biasa ke sebuah halaman di web server yang berisi script (server side script).
(sumber: http://adibowo.com/tag/xmlhttprequest-adalah/)

Penulis : Mendekati Surga ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel AJAX ini dipublish oleh Mendekati Surga pada hari Kamis, 24 November 2011. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan AJAX
 

0 komentar: